Kamis, 03 Maret 2011

Kopling Hidrolik Pada Motor 

Melihat bagian kemudi moge-moge, ada sedikit pertanyaan bagi saya. Kok di handle kiri ada semacam reservoar mirip Reservoar Minyak rem depan (master rem)? Apakah itu adalah Reservoar Rem belakang? Ternyata itu adalah Reservoar oli/minyak Kopling Hidrolik !! Wah Informasi Baru Nih bagi saya (telad :( ). Cek kesana sini, salah satu Blogger yang membahasnya untuk motor kesil adalah Aji saka. Umumnya motor di Indonesia menggunakan tipe Kopling Kabel, Yaitu menggunakan Kabel sebagai koneksi Tuas Kopling dengan Gearbox. Nah Kopling hidrolik menggunakan keunggulan Tenaga Hidrolis untuk menekan pegas Kopling sehingga Pelat Kopling terbebas dari jepitan pelat tekan di gearbox.

Cara kerjanya Mirip banget sama cara kerja Rem cakram depan. Kalo di rem kita kenal master rem  . . . disini dinamakan master kopling. Pada saat kita menakan tuas kopling, maka minyak kopling akan tertekan melalui selang kopling menuju benda yang dinamakan silinder kopling, isi dan cara kerja dari silinder kopling ini dasarnya sama saja dengan kepala babi/kaliper pada rem depan yaitu mengubah energi hidrolis menjadi energi mekanik.Energi ini Jika pada rem digunakan untuk merapatkan kampas rem, maka di kopling hidrolis digunakan untuk menggerakkan pegas kopling.
Senin lalu saya sempat datang ke workshop B&S di daerah Beji Depok dan melihat satu Unit Ninja 250R dan beberapa Unit Thunder 250 yang telah dipasangi Fitur Kopling hidrolik (hydrolic Cluth). Bagian Tuas, master, dan selang kopling bisa diambil dari limbah moge. sedangkan bagian Silinder kopling B&S membuat sendiri bro !! pateeeennn :) Silinder kopling dibuat dengan cara mengecor sendiri. Silahkan bro lihat sendiri gambarnya, semoga Berguna
Taufik of BuitenZorg
:roll: Perhatikan silinder pegas kopling made by B&S depok
:roll: diaplikasikan juga ke Thunder 250 Road racenya B&S

Tidak ada komentar:

Posting Komentar